cara mengobati keputihan yang berbau dan gatal secara alami

obat keputihan dan bau tak sedap
cara mengobati keputihan yang berbau dan gatal secara alami - Keputihan yang normal sebenarnya tidak memerlukan penanganan khusus. Yang perlu dijaga adalah agar keputihan tidak berubah menjadi tidak normal. Perubahan ini dapat disebabkan beberapa hal seperti: infeksi vaginosis bakterial, penggunaan antibiotik, infeksi penyakit menular seksual seperti klamidia, kanker serviks, penggunaan pil kontrasepsi, infeksi parasit trikomoniasis, ataupun infeksi jamur. Tanda dari keputihan yang tidak normal adalah perubahan warna dan konsistensi, adanya bau, dan adanya gatal atau nyeri.

Bila ada tanda-tanda bahaya, juga segera periksakan diri Anda ke dokter. Dokter akan memberikan penanganan berdasarkan penyebab keputihan Anda. Tanda-tanda keputihan yang berbahaya antara lain: timbul bau yang menyengat, gatal dan kemerahan pada vagina dan area sekitarnya, pendarahan atau bercak di luar masa menstruasi, keputihan berubah warna menjadi hijau atau kuning, keputihan menjadi tebal atau lengket.


Cara mengobati keputihan secara alami dapat dilakukan oleh wanita agar dapat menyembuhkan penyakit ini. Seorang wanita tentu pernah mengalami keputihan. Reaksi keputihan memang sangat wajar terjadi dan biasanya muncul menjelang periode menstruasi baik atau sesuah menstruasi selesai. Hal yang paling perlu diperhatikan adalah kondisi keputihan itu sendiri. Keputihan bisa terdiri dari beberapa karakter seperti putih, penuh air, lengket, hijau kekuningan atau bau yang tidak sedap. Setiap tanda keputihan yang berbeda memberikan petunjuk mengenai kondisi kesehatan reproduksi wanita.

Melihat berbagai jenis keputihan yang sangat banyak, maka wanita perlu mengetahui cara perawatan yang tepat. Melakukan berbagai perawatan keputihan sangat penting untuk menyembuhkan dan menjaga kesehatan reproduksi. Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengobati keputihan.


Jaga Kebersihan Pakaian Dalam dan Luar Cara mengobati keputihan secara alami paling ampuh adalah menjaga kebersihan seputar Miss �V�. Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menjaga kebersihan pakaian dalam dan pakaian luar. Gunakan jenis pakaian dalam yang terbuat dari bahan katun. Bahan katun akan menyebabkan area vagina menjadi tidak lembab dan kering. Hindari menggunakan bahan sintetis karena panas dan menghasilkan keringat berlebihan. Selain itu untuk pakaian luar hindari menggunakan pakaian yang terlalu ketat. Gunakan celana yang longgar sehingga area reproduksi menjadi lebih nyaman. Hal ini juga ampuh sebagai cara mengobati keputihan yang gatal dan berlebihan.

Hindari Penggunaan Cairan Pembersih Vagina Ada banyak jenis cairan pembersih vagina yang bisa didapatkan dengan mudah. Bahkan untuk membeli bahan ini tidak perlu menggunakan resep dari dokter. Namun ternyata menggunakan cairan pembersih vagina justru bisa meningkatkan jumlah keputihan. Beberapa bahan kimia dalam cairan ini menyebabkan kerusakan pH murni dalam area vagina dan mematikan bakteri yang baik. Karena itu sebaiknya hindari penggunaan cairan pembersih vagina saat keputihan.

Gunakan Biji Fenugreek Cara mengobati keputihan secara cepat dapat menggunakan biji fenugreek. Biji fenugreek juga bisa membantu mengobati keputihan dengan cara yang sangat alami. Biji fenugreek bisa meningkatkan jumlah pH dalam vagina. Jika hal ini terjadi maka bisa menyebabkan pengaruh untuk tingkat estrogen yang terlalu tinggi, terutama setelah periode menstruasi. Selain itu biji fenugreek juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Caranya : rendam satu sendok makan biji fenugreek dalam air mineral hangat selama 24 jam, kemudian saring dan tambahkan satu sendok makan. Lalu minum airnya ketika Anda belum makan pagi.

Gunakan Cuka Sari Apel Bahan cuka sari apel juga sangat bermanfaat untuk mengobati keputihan terutama jika keputihan disebabkan oleh bakteri. Cuka sari apel bisa membantu vagina mendapatkan tingkat keseimbangan pH yang lebih sesuai. Selain itu cuka sari apel juga bisa membantu meningkatkan jumlah bakteri baik dalam vagina dan mengurangi vagina yang terlalu berbau akibat infeksi jamur.

Caranya : campurkan cuka sari apel murni ke dalam segelas air mineral yang hangat, kemudian tambahkan madu lalu minum. Anda bisa minum selama satui hari sekali untuk mendapatkan manfaat terbaiknya.


Makan Pisang Setiap Hari Anda juga bisa mengobati keputihan dengan cara yang sangat alami. Buah pisang menjadi buah yang bisa mengurangi keputihan dengan cara yang alami dan juga menyembuhkan keputihan itu sendiri. Pisang membantu tubuh mengobati gangguan reproduksi dengan membantu menyeimbangkan hormon dari dalam tubuh. Untuk menghentikan keputihan dengan pisang Anda bisa mencoba untuk makan pisang selama dua kali sehari. Pisang juga sangat baik untuk membantu pencernaan yang sehat dan kandungan kalium pisang membantu meningkatkan detak jantung yang sehat.

Minum Jus Delima Jus delima juga akan membantu mengobati keputihan dengan cara yang sangat alami. Jus delima mengandung beberapa nutrisi yang sangat penting yaitu meningkatkan keseimbangan hormon dan mencegah perkembangan bakteri dan virus. Bahkan termasuk membunuh semua bakteri jahat yang berkembang dalam vagina. Cara menghentikan keputihan dengan delima adalah dengan minum jus delima satu kali sehari.

Jus Basil dan Susu Cara mengobati keputihan abnormal adalah dengan jus basil dan susu. Basil memang sudah diakui sebagai tanaman obat yang bisa membantu mengobati keputihan secara alami. Basil mengandung senyawa yang bisa meningkatkan kesehatan rongga vagina dan mengendalikan kondisi pH. Masalah pH yang tidak seimbang sering dialami oleh wanita terutama menjelang dan setelah periode menstruasi. Anda bisa mencoba menyembuhkan keputihan dengan cara menghaluskan beberapa lembar daun basil, kemudian campurkan dengan satu gelas susu rendah lemak. Metode ini bisa menyembuhkan keputihan selama satu atau dua minggu setelah terapi.

Minum Jahe Hangat Jahe merupakan jenis tanaman rimpang yang dipercaya memiliki khasiat yang sangat tinggi. Rimpang jahe mengandung senyawa alami yang bisa berfungsi untuk mencegah radikal bebas dan juga melawan infeksi bakteri dan virus. Bahkan ini juga bisa melawan bakteri jahat yang berkembang dalam vagina. Anda bisa menyembuhkan keputihan dengan cara merebus saru gelas air minum dengan satu ruas kecil jahe segar. Setelah mendidih maka angkat dan saring. Anda bisa langsung meminumnya ketika masih hangat. Anda bisa menambahkan gula batu atau madu agar rasanya lebih nikmat.


Makan Yogurt Cara mengobati keputihan yang gatal dan bau Yogurt merupakan makanan yang mengandung sumber probiotik alami yang sangat tinggi. Kandungan bakteri baik dalam yogurt bisa melawan pertumbuhan bakteri jahat di dalam vagina yang menyebabkan keputihan. Yogurt juga bisa membantu melawan infeksi jamur yang sering terjadi pada vagina. Bahkan yogurt bisa memelihara organ reproduksi dari dalam tubuh. Untuk menyembuhkan keputihan dengan yogurt maka Anda bisa makan yogurt setiap hari. Ini cara alami yang akan menyeimbangkan kondisi organ reproduksi dari dalam tubuh.

Minum Jus Anggur dan Madu Minuman lain seperti jus anggur dan madu juga bisa membantu menyembuhkan keputihan. Anggur mengandung zat yang bisa melawan bakteri dan virus penyebab keputihan. Bahkan kandungan warna alami unggu dan merah pada anggur bisa meningkatkan kadar pH alami pada rongga vagina. Anda bisa membuat jus anggur tanpa mengupas kulitnya dan campurkan dengan satu sendok madu. Untuk mendapatkan hasil yang lebih cepat maka jangan mencampurkan air pada jus anggur. Jus anggur yang murni akan membantu menyembuhkan keputihan dengan cepat.

Hindari Mengkonsumsi Makanan Berminyak Makanan berminyak mengandung lemak yang bisa menyebabkan keputihan menjadi lebih parah. Makanan yang berminyak bisa menyebabkan kadar hormon dalam tubuh mengalami perubahan. Kadar hormon yang tidak seimbang inilah yang kemudian akan merubah keputihan menjadi lebih buruk. Selain itu makanan berminyak juga menyebabkan kondisi metabolisme tubuh terhambat. Jadi selama keputihan maka sebaiknya tidak mengkonsumsi makanan berminyak.


Hindari Kafein Selama keputihan sebaiknya wanita juga harus menghindari mengkonsumsi kafein secara berlebihan. Kafein bisa menyebabkan kondiri perubahan hormon terutama estrogen. Penurunan dan peningkatkan jumlah estrogen akan mempengaruhi kondisi pH dan bakteri baki dalam vagina. Hal ini cenderung menyebabkan keputihan lebih memburuk. Bahkan jika terjadi pada wanita yang masuk dalam masa menopause maka bisa menyebabkan keputihan yang sangat parah. Jadi selama keputihan maka hindari minum kopi, teh atau jenis minuman lain yang mengandung kafein.

Menggunakan Panty Liner Cara mengobati keputihan yang berbau pada wanita dapat memanfaatkan panty liner. Untuk mengobati keputihan maka wanita juga bisa menggunakan panty liner. Pembalut tipis dan nyaman ini akan merubah kondisi pH dalam vagina dan memerangi pertumbuhan bakteri buruk yang berlebihan. Wanita disarankan untuk memilih jenis panty liner yang terbuat dari kapas murni dan bisa membentuk kondisi lingkungan yang nyaman untuk vagina. Hindari jenis panty liner yang terbuat dari campuran bahan sintetis. Rekomendasi jenis panty liner juga bisa didapatkan dari dokter setelah pemeriksaan. Dokter biasanya merekomendasikan jenis panty liner khusus yang bisa menghentikan keputihan.

Minum Banyak Air Mineral Air mineral juga bisa membantu mengobati keputihan. Caranya adalah dengan banyak minum air mineral. Air mineral bisa mengeluarkan semua racun dalam tubuh lewat saluran sekresi setelah diolah oleh ginjal. Keluarnya racun dari tubuh membuat tubuh bisa melakukan metabolisme dengan baik. Sistem ini kemudian juga bisa membantu tubuh mendapatkan keseimbangan pH yang alami pada organ reproduksi. Selain itu juga bisa membantu mengobati penumpukan bakteri atau virus yang bisa menyerang organ reproduksi.


Melakukan Yoga Cara mengobati keputihan yang berlebihan pada wanita dengan yoga sudah cukup terkenal. Salah satu cara lain yang sangat alami untuk menyembuhkan keputihan adalah dengan yoga. Beberapa gerakan yoga yang ditujukan untuk mengendalikan kemampuan organ reproduksi dalam menyeimbangan hormon. Gerakan yoga juga membantu mengendalikan peredaran darah di sekitar organ reproduksi. Hal ini juga bisa membuat tubuh bagian organ reproduksi semakin sehat dari dalam maupun dari luar. Anda bisa melakukan gerakan yoga untuk mengobati keputihan dengan instruktur yang sudah berpengalaman.

Jaga Kebersihan Vagina Keputihan sangat berhubungan dengan kondisi kesehatan dan kebersihan pada rongga vagina. Untuk itu menjaga kebersihan juga bisa membantu menghilangkan keputihan secara alami. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mencuci vagina setelah buang air kecil dan besar dengan gerakan dari bagian depan ke belakang. Jika dilakukan terbalik maka kotoran bisa masuk ke bagian liang vagina dan mengganggu keseimbangan pH alami. Jadi pastikan untuk mencuci bagian ini dengan cara yang benar dan jaga tingkat kelembapan alaminya.

Hindari Makanan Peningkat Suhu Badan Beberapa jenis makanan yang bisa meningkatkan suhu badan bisa menyebabkan keputihan menjadi lebih buruk. Untuk menghindari hal ini maka Anda bisa menjauhi beberapa jenis makanan seperti nanas, terong, ikan laut dan lemak dari daging ayam maupun sapi. Makanan seperti ini bisa membuat suhu tubuh menjadi lebih panas. Kemudian akan merusak sistem keseimbangan pH dalam vagina dan menyebabkan keputihan.


Jangan Stres atau Depresi Stress dan depresi bisa merubah keseimbangan pH dalam vagina dan menyebabkan keputihan. Kondisi ini paling sering dialami oleh wanita yang memiliki aktifitas pekerjaan yang sangat sibuk dan tekanan pekerjaan yang berat. Untuk mencegah dan mengendalikan keputihan maka stress dan depresi harus dikendalikan. Cara ini juga bisa membantu meningkatkan sirkulasi darah pada bagian organ reproduksi sehingga semua kondisi kesehatan akan lebih terjaga.

Gunakan Rebusan Daun Sirih Cara mengobati keputihan yang gatal dan berbau dengan daun sirih sangat ampuh untuk kesehatan anda. Jika Anda melihat maka beberapa jenis cairan pencuci vagina terbuat dari daun sirih. Namun cairan yang sudah dicampur dengan bahan kimia menyebabkan racun yang bisa membunuh bakteri baik dalam vagina. Air rebusan daun sirih yang terbuat dari daun sirih segar bisa membantu membersihkan vagina dan meningkatkan produksi bakteri baik. Untuk menggunakan cara ini Anda bisa mencoba dengan cara merebus satu atau dua gelas air dengan beberapa lembar daun sirih hingga mendidih. Kemudian saring dan minum airnya selama dua atau tiga kali dalam sehari. Jika dilakukan secara rutin maka bisa menyembuhkan keputihan dengan lebih cepat.

Minum Jus Lemon dan Madu Anda juga bisa mengobati keputihan secara alami dengan minum jus lemon dan madu secara rutin. Jus lemon dan madu mengandung bahan-bahan yang menyehatkan seperti antioksidan yang melawan radikal bebas. Jus lemon dan madu juga bisa mengeluarkan semua racun dari dalam tubuh dan membantu melawan penyakit akibat peradangan. Jus lemon dan madu juga bisa membantu meningkatkan jumlah bakteri baik dalam vagina dan melawan pertumbuhan bakteri jahat penyebab keputihan. Jadi Anda bisa minum jus lemon dan madu secara rutin untuk mendapatkan manfaat yang lebih baik.

obat keputihan alami

Minum Air Rebusan Beras Putih Cara lain yang bisa mengobati keputihan adalah dengan minum air rebusan dari beras putih. Caranya adalah dengan merebus beras putih yang sudah dicuci dengan bersih. Setelah mendidih maka ambil airnya dan tuang di gelas. Tambahkan satu sendok madu untuk menambah khasiat dari air rebusan beras putih. Kemudian minum selagi masih hangat. Jika Anda melakukan cara ini secara rutin maka dalam waktu satu atau dua minggu keputihan akan sembuh. Air beras putih mengandung bahan aktif untuk melawan bakteri dan virus penyebab keputihan.

Keputihan memang sangat menjengkelkan dan membuat wanita merasa tidak nyaman. Jika Anda sudah mencoba beberapa cara dan belum berhasil maka bisa mencoba membuat jus lemon yang ditambah dengan bawang putih. Anda bisa membuatnya dengan cara membuat satu gelas jus lemon. Kemudian tambahkan dengan satu siung bawang putih yang sudah dihaluskan. Untuk menambah rasa maka Anda juga bisa menambahkan satu sendok makan madu murni. Jus ini bisa diminum rutin setiap hari dan dalam waktu satu atau dua minggu maka keputihan akan sembuh sendiri.

Makan Biji Rami dan Alpukat Keputihan yang diakibatkan karena bakteri maupun penyakit pada organ reproduksi juga bisa disebankan karena tubuh tidak memiliki sistem kekebalan yang baik. Untuk itu Anda bisa mengobati masalah ini dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Biji rami dan alpukat adalah makanan sehat yang bisa membantu menjaga keseimbangan jumlah lendir pada vagina. Anda bisa mengkonsumsi setidaknya satu sendok biji rami dan buah alpukat setiap hari. Makanan ini juga bisa merubah pH yang tidak sehat menjadi lebih sehat.

Penuhi Kebutuhan Yodium Jika tubuh Anda kekurangan yodium maka bisa menyebabkan tubuh mudah terserang bakteri dan virus, termasuk bakteri yang menyebabkan keputihan. Bahkan tubuh juga akan mudah terkena infeksi dari jamur yang menyerang bagian vagina. Yodium dalam tubuh bisa menjadi sumber antibiotik alami yang akan mengembangkan kesehatan tubuh dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Karena itu Anda bisa menambahkan yodium dalam makanan sehari-hari seperti garam sehat yang mengandung yodium.

Makan Sayuran Hijau Berbagai jenis sayuran hijau seperti kale, bayam, asparagus dan kubis juga bisa membantu menyembuhkan keputihan. Sayuran ini mengandung sejumlah senyawa seperti zat klorofil alami, zat besi, vitamin dan mineral lain yang lengkap. Senyawa dan zat inilah yang akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh tidak mudah terkena infeksi dari bakteri dan jamur pada bagian vagina. Mengkonsumsi sayuran hijau juga akan membantu mempertahankan kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Penggunaan Obat Antibiotik Penggunaan obat antibiotik juga bisa dilakukan untuk mengobati keputihan akibat infeksi dari jamur atau bakteri. Namun obat ini bisa didapatkan setelah melakukan pemeriksaan ke dokter ahli. Obat yang paling sering direkomendasikan adalah seperti golongan metronidazole dank rim antibiotik. Pemberian obat antibiotik hanya akan dilakukan setelah perawatan cara alami sudah tidak bisa mengurangi keputihan. Obat ini bisa menyebabkan beberapa efek seperti kelelahan dan mual yang berlebihan.

Perbedaan Keputihan Sehat dan Tidak Normal Setelah mengetahui cara mengobati keputihan yang gatal dan berbau diatas telah dipraktekkan, ada baiknya anda mengenal lebih jauh mengenai keputihan normal dan tidak normal. Vagina membutuhkan keseimbangan pH yang asam untuk menghambat semua jenis infeksi penyebab keputihan. Ketika vagina mendapatkan reaksi yang tidak seimbang dan pengaruh dari bakteri, jamur atau virus maka bisa menyebabkan keputihan. Berikut ini penjelasan mengenai keputihan yang sehat dan tidak normal.

obat keputihan di apotik

Keputihan yang normal memiliki beberapa ciri yaitu sangat jelas:
  • berbentuk gumpalan yang sehat seperti awan, dan jika tertinggal dalam pakaian maka akan berubah menjadi kekuningan.
  • Keputihan yang normal juga bisa berbentuk sangat tipis seperti lendir dan serabut putih di dalamnya. Keputihan seperti ini biasanya disebabkan karena penggunaan kontrasepsi, stress, obat, keinginan seksual dan pertanda kehamilan.
  • Keputihan yang disebabkan karena menstruasi memiliki karakter tipis, berlendir dan sangat basah. Kondisi ini terjadi karena keseimbangan pH dalam rongga vagina mengalami perubahan yang sangat cepat sehingga menyebabkan infeksi. Keputihan akibat efek ini biasanya akan sembuh sendiri setelah masa menstruasi selesai.
  • Keputihan yang tidak normal atau tidak sehat memiliki tanda seperti rasa nyeri pada bagian bawah perut, disertai gatal pada bagian sekitar vagina, rasa panas saat buang air kecil, lendir berwarna kuning kecoklatan dan bau yang tidak sedap.
Cara Mencegah Keputihan
Jangan melakukan hubungan seksual secara bebas karena banyak virus, bakteri dan jamur penyebab keputihan yang didapatkan dari hubungan seksual secara bebas.
  • Selalu mengkonsumsi makanan yang sehat seperti sayuran hijau, buah-buahan dan biji-bijian. Makanan ini bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah infeksi akibat bakteri maupun jamur.
  • Selalu berusaha untuk menjaga agar daerah di sekitar vagina bersih, kering dan tidak terlalu lembab.
  • Selalu menggunakan jenis pakaian dalam yang mudah menyerap keringat dan tidak panas seperti bahan katun. Bahan katun akan membantu agar vagina menjadi lebih sehat dan tidak mudah terkena infeksi bakteri maupun jamur.
  • Selalu membersihkan vagina baik setelah buang air kecil maupun air besar. Cara membersihkan yang baik adalah dengan gerakan dari depan ke belakang. Jangan salah membersihkan karena jika gerakan salah justru bakteri yang akan masuk ke rongga vagina dan menyebabkan keputihan.
  • Hindari menggunakan pembalut terlalu lama ketika sedang menstruasi. Paling tidak Anda harus segera mengganti pembalut maksimal selama empat jam. Lebih dari itu bisa mengembangkan bakteri pada vagina dan menyebabkan keputihan.
  • Selalu gunakan pembalut yang terbuat dari kapas dan tanpa pewangi ketika sedang menstruasi. Pembalut yang terbuat dari bahan kapas murni akan membantu meminimalisir bakteri dan jamur atau virus penyebab keputihan.
  • Jangan menggunakan bahan cairan kimia untuk berhubunngan seksual seperti pelumas atau cairan vagina.
  • Jangan menggunakan bahan cairan kimia untuk mencuci atau membersihkan vagina.
Keputihan memang akan membuat kondisi yang tidak nyaman dan selalu was-was. Cara-cara yang bisa dilakukan untuk mengobati keputihan memang sangat banyak. Untuk mendapatkan hasil terbaik memang tidak akan terjadi secara langsung. Namun jika keputihan terjadi dalam waktu yang lama maka harus segera menemui ahli medis untuk mendapatkan pemeriksaan yang menyeluruh. Pemeriksaan akan membantu mengetahui penyebab dan pengobatan sesuai dengan penyebabnya. Obat Keputihan Alami dan Ampuh TVS.

Pesan Segera Obat Keputihan Alami Dari Kami!!! Hanya Ada Satu Kata � LuarBiasaaaaaaa��

Selain Mengobati Keputihan Anda Juga Dapat Membuat Suami Semakin Sayang Karena Miss V anda yang Semakin Rapat Mencengkeram�

Jangan Ragu Lagi!!!! .:: Hubungi Kami HP 0852 808 77 999 atau WA 081 329 878 999 Untuk Pemesanan ::.

Selain Mengobati Keputihan Anda Juga Dapat Membuat Suami Semakin Sayang Karena Miss V anda yang Semakin Rapat Mencengkeram�


link text, link text, link text, link text, link text, link text, link text, link text, link text, link text, link text, link text, link text, link text,

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CARA AMPUH MENGHILANGKAN ASAM URAT

cara mengobati keputihan yang berbau dan kental

cara menghilangkan bau badan dan keputihan